Wednesday, April 30, 2014

Sejarah Sistem Operasi Linux



Sejarah Sistem Operasi Linux Pada tahun 1991, Linus Benedict Torvalds adalah seorang mahasiswa tahun kedua Ilmu Komputer di University of Helsinki dan seorang hacker otodidak. Sejarah Sistem Operasi Linux dimulai saat linus Berusia 21 tahun yang suka bermain-main dengan kekuatan komputer dan batas-batas sistem yang dapat ditekan. Tapi semua itu kurang adalah sebuah sistem operasi yang dapat memenuhi tuntutan profesional. MINIX itu baik, tapi tetap saja itu hanyalah sebuah sistem operasi untuk siswa, dirancang sebagai alat pengajaran dan bukan satu kekuatan industri.

Pada saat itu, programer komputer di seluruh dunia itu sangat terinspirasi oleh proyek GNU oleh Richard Stallman, sebuah gerakan perangkat lunak untuk menyediakan perangkat lunak bebas (linux) dan berkualitas. Dipuja sebagai pahlawan sekte dalam bidang komputasi, Stallman memulai karirnya di mengagumkan yang terkenal Laboratorium Artificial Intelligence di MIT, dan selama pertengahan dan akhir tahun tujuh puluhan, menciptakan editor Emacs.


Pada awal tahun delapan puluhan, perusahaan perangkat lunak komersial memikat pergi jauh dari programer brilian dari lab AI, dan bernegosiasi perjanjian menjaga rahasia ketat untuk melindungi rahasia mereka. Tetapi Stallman memiliki visi yang berbeda. Idenya adalah bahwa tidak seperti produk lain, perangkat lunak harus bebas dari pembatasan terhadap menyalin atau modifikasi untuk membuat lebih baik dan efisien cara kerja sistem program komputer.

Tahun 1983 terkenal dengan manifesto yang menyatakan awal proyek GNU, ia memulai sebuah gerakan untuk membuat dan mendistribusikan perangkat lunak yang menyampaikan filosofi (Kebetulan, nama GNU merupakan singkatan rekursif yang sebenarnya adalah singkatan dari "GNU is Not Unix").

Tetapi untuk mencapai impian ini akhirnya menciptakan sebuah sistem operasi bebas (Linux), ia diperlukan untuk menciptakan alat pertama. Jadi, mulai tahun 1984, Stallman mulai menulis GNU C Compiler (GCC), sebuah prestasi luar biasa bagi seorang individu pemrograman. Dengan teknis legendaris sihir, dia sendiri kalah seluruh kelompok programmer dari vendor perangkat lunak komersial dalam menciptakan GCC, dianggap sebagai salah satu yang paling efisien dan kuat kompiler yang pernah dibuat.

Pada 1991, proyek GNU menciptakan banyak alat. Yang banyak ditunggu Gnu C Compiler yang tersedia pada saat itu, tapi masih belum ada sistem operasi. Bahkan MINIX harus berlisensi. (Kemudian, pada bulan April 2000, Tanenbaum Minix dirilis di bawah BSD License.) Pekerjaan akan kernel GNU HURD, tapi itu tidak seharusnya keluar dalam beberapa tahun. dan akhirnya linux pun sekarang semakin berkembang dan tidak sepenuhnya dikomersilkan.

[Blogger Indonesia - Sejarah Sistem Operasi Linux]

No comments:

Post a Comment