Tuesday, May 6, 2014

Mengenal Cara Kerja Processor Komputer



Pada artikel terdahulu saya pernah membahas tentang fungsi-fungsi perangkat hardware komputer, dan untuk kali ini saya akan membahas 1 komponen hardware komputer yaitu processor.

Prosesor komputer sering disebut sebagai CPU, atau central processing unit komputer. Prosesor adalah komponen utama dari komputer yang dirancang untuk memindahkan dan memproses data
. Prosesor komputer yang sering dihubungkan dengan kecepatan CPU untuk dapat memproses instruksi komputer per detik diukur dalam hertz.

Bagaimana Cara Kerja Processor?
Prosesor komputer bertindak sebagai komponen koordinasi utama dari komputer. CPU akan mengakses program, data, atau fungsi komputer lain dari RAM (Random Access Memory) saat dipanggil oleh sistem operasi komputer. Prosesor kemudian akan menginterpretasikan instruksi komputer yang berkaitan dengan tugas memerintahkan sebelum mengirimnya kembali ke RAM komputer untuk eksekusi melalui bus sistem komputer dalam urutan yang benar.

Computer Processor Logic
Inti dari prosesor komputer adalah kemampuan untuk memproses kode bahasa mesin.
Ada tiga dasar instruksi bahasa mesin yang dapat dibaca oleh CPU

- Memindahkan data dari memori komputer ke komputer lain
- Langsung ke instruksi yang di setting berdasarkan operasi logis atau pilihan
- Lakukan operasi matematika menggunakan Unit Aritmatika Logic (ALU)

Untuk melakukan operasi ini, prosesor yang menggunakan alamat bus yang digunakan untuk mengirim alamat ke memori komputer serta data bus yang digunakan untuk mengambil atau mengirim informasi ke memori komputer.

Ini juga memiliki garis kontrol terpisah yang akan memberitahukan memori komputer jika mendapatkan atau mengirim / pengaturan lokasi memori tertentu. Dalam rangka untuk melakukan semua operasi yang dirancang, CPU juga memiliki sebuah jam yang merupakan dasar untuk sinkronisasi tindakan prosesor dengan sisa dari komputer. Untuk mengakses digunakan instruksi komputer atau data, prosesor juga akan menerapkan skema caching yang berbeda dalam rangka untuk mendapatkan akses ke data yang dibutuhkan pada tingkat yang lebih cepat daripada menggunakan RAM

Processor Memory

The processor can read and write to the RAM depending on what action(s) the current instruction set has determined if the processor needs to conduct. RAM is not designed to permanently save data and is rest when the computer is turned off or loses power.

Prosesor komputer hanya mampu membaca dan mengakses ramdom memori (ROM dan RAM bergantian). ROM prosesor merupakan program dengan informasi yang telah di setting terlebih dahulu yaitu program permanen dengan fungsi inti dalam rangka untuk komunikasi fasilitas prosesor dengan bus data. ROM biasa disebut sebagai BIOS (Basic Input / Output System) pada komputer Windows dan juga untuk mendapat boot sector pada komputer.

Prosesor dapat membaca dan menulis ke RAM tergantung pada apa tindakan (s) dari sekumpulan instruksi yang telah ditentukan jika prosesor disuruh mengerjakan sesuatu. RAM tidak dirancang secara permanen menyimpan data saat komputer dimatikan atau mati  listrik

- See more at: http://cumaisengs.blogspot.sg/2013/03/mengenal-cara-kerja-processor-komputer.html#sthash.YZxDm1q9.dpuf


No comments:

Post a Comment