Saturday, May 10, 2014

Seperti apa kehidupan manusia 100 tahun mendatang


Oke ane bukan peramal yang punya bola Kristal atau orang dari masa depan, tapi sebenarnya masa depan bisa diprediksi berdasarkan masa lalu. Helah ga percaya?
F0110H---British-Airways-Business-Life---Future-Travellers-by-Justin-Metz-aac1a06a-5eb3-415b-9ad9-6634d4d0c91b
Kasi contoh, 100 tahun lalu, era 1900an, kamera adalah barang mewah, mahal dan ribet dipake waktu itu. Tapi lihat sekarang, anak SDpun foto ini itu dan dibagi ke seluruh dunia lewat blog sudah bukan hal
yang aneh lagi. Dari ide begini, alias dari perbandingan fakta 100 tahun yang lalu dengan masa sekarang maka seharusnya kita bisa prediksi kehidupan manusia dimasa 100 tahun mendatang.
Populasi akan meledak jadi dua kali lipat
Ini menurut perkiraan PBB lo ya, sekarang ini jumlah populasi dunia kurang lebih 7 miliar orang dan tahun 2100 nanti diperkirakan jadi sekitar 15 miliar orang. Ya tergantung juga kalo ada perang dunia ketiga, wabah penyakit dll maka jumlah tersebut bisa berubah.
Polusi teratasi
Kalo kita lihat 100 tahun kebelakang, di kota-kota industry kaya London polusinya luar biasa. Motor, mobil, pabrik, rumah tangga ya berasap semua.
airpollutionindustrialL__gszennyez__s730px
Lah teknologi waktu itu masih kuno, mesin paling diesel, bahan bakar industry apalagi kalo ga batu bara ama diesel. Tapi lihat sekarang, cuma mesin dua tak yang berasap dan itupun sudah tidak diperbolehkan lagi dipake kecuali di beberapa negara-negara susah kaya di Afrika, India dll. Bahkan sekarang banyak sumber energy alternative, mobil/motor listrik (kaya mainan donk ya), ditambah semakin iritnya mobil dan motor juga perangkat elektronik jaman sekarang maka bukan tidak mungkin 100 tahun mendatang pembangkit listrik tenaga mataharipun lebih dari cukup. Atau siapa tau nanti Arc reactor benar-benar ditemukan.
Hidup akan jauh lebih mudah
100 tahun yang lalu, semuanya dilakukan secara manual. Mesin ketik, TV analog tanpa remote dan itupun warnanya hitam putih. Kulkas dan oven canggih belum ada, menyetrika bajupun ribet. Sekarang, problem 100 tahun yang lalu sudah teratasi. Sekarang kita sudah punya computer canggih lengkap bisa melayani perintah suara. Bagaimana dengan 100 tahun mendatang? Di jaman serba bantuan computer kehidupan 100 tahun mendatang kita sudah bisa melihat anjing, pembantu, bodyguard, teman dalam bentuk robot yang mungkin bahkan bisa terbang dan mampu melakukan ini itu. Mobil bisa jalan sendiri atau bahkan terbang, jaket lengkap dengan jet terbang, asisten digital canggih kaya Jarvisnya Iron Man mungkin adalah hal yang biasa.
Dari Tokyo ke New York hanya perlu 1 jam
British_Airways_Concorde_G-BOAC_03
100 tahun yang lalu, perjalanan dari Tokyo ke New York perlu waktu berhari-hari lewat laut.  Kalo mau lewat udara paling cepat 6 jam lebih dan itupun perlu kapal tangker di udara. Sekarang pake pesawatConcorde perjalanan udara dari Tokyo ke New York memakan waktu kurang dari 4 jam. Gimana seratus tahun lagi? Mungkin setengah jam
Teknologi di bidang kesehatan semakin maju
Lihat di DetikHealth di sini dan di sini. Ratusan tahun yang lalu berobat ke dokter bisa jadi moment traumatic buat pasien biarpun hanya cabut gigi. Tapi sekarang, menjalani operasi besarpun tidak terasa sakit apa-apa biarpun resiko ini itu tetap ada. Dan sebagian besar penyakit bisa disembuhkan, 100 tahun mendatang mungkin penyakit kaya HIV yang belum ada obatnya bisa disembuhkan. Mungkin juga orang cacat sudah bisa berjalan lagi.
Perjalanan ke luar angkasa adalah hal yang biasa
104019_ilustrasi-pesawat-virgin-galactic_663_382
100 tahun yang lalu, jalan-jalan ke luar negri masih jadi hal yang wah bahkan buat orang Eropa dan Amerika sekalipun hanya yang berkantong tebal bisa jalan-jalan ke China, Jepang dll. Jaman sekarang jalan keluar negri sudah biasa. Bahkan sekarangpun mau jalan-jalan ke luar angka kalo punya uang bisa, bisa lewat Virgin Galactic atau lewat agen perjalanan yang namanya Space Adventure. 100 tahun mendatang loncat-loncat di bulan atau Mars mungkin sudah jadi hal yang biasa.
Makanan dan minuman makin aneh
lab-grown-meat-burger-ftr
100 tahun lalu mayoritas orang Indonesia makan makanan organic yang enak dan menyehatkan, sekarang 100 tahun kemudian makanan dengan pengawet, pemanis dan pewarna buatan bukan hal aneh lagi. 100 tahun kemudian bagaimana? Populasi makin meningkat dimasa yang akan datang maka krisis pangan bukanlah hal yang patut ditertawakan. Sekarang ilmuwan sudah berhasil menciptakan daging sapi buatan di lab hanya dari sedikit sel sapi menjadi 10 ton daging, bahkan ilmuwan Jepang bisa hasilkan daging sapi dari kotoran manusia (ane bersyukur hidup dan makan di jaman sekarang).
Nah, jadi itulah kira-kira bagaimana kahidupan manusia 100 tahun kedepan. Ga masalah bagaimanapun hasilnya nanti 100 tahun mendatang, tapi yang jelas mudahan Terminator tidak benar-benar ada ya.

sumber :http://ayodonkbaby.wordpress.com/2013/09/12/seperti-kehidupan-manusia-100-tahun-mendatang/

No comments:

Post a Comment